Profil

Sepenggal Cerita Menjadi Instruktur VCT Jabar Batch 6

siang itu saat matahari mengambang di atas atap rumah, mojok berselancar dan tidak sengaja membuka beberapa group, ada pesan menarik yang dibagikan oleh Ibu Dini Anggraeni (Koord PJ Wilayah VCT Jawa Barat) isi pesannya adalah rekrutmen menjadi intrusktur VCT Jabar Batch 6.
Saya pun ikut serta meramaikan. Syarat untuk menjadi instruktur adalah mengisi form, membuat flyer dan menuliskan seputar kegiatan VCT di blog atau web. Tanpa pikir panjang saya pun melengkapinya. Kebetulan batas akhir tinggal 1 hari. Setelah mendaftar kurang lebih 3 minggu saya menunggu cemas.
tepat tanggal 6 April 2020, akhirnya saya dimasukan ke dalam group instruktur VCT Batch 6. Senang, saat itu perasaan saya.  sebab itu merupakan pengalaman pertama yang sangat berharga. Saya merupakan alumni VCT Jabar Batch 3 dan Batch 5 dengan kala itu intrukturnya pa Adi Bu Elis Garut dan  Pa irwan Kuningan dan Pa Fikri Bahtiar dan PJ Wilayah 11. Tentunya saya sangat berterimakasih kepada beliau-beliau dengan sabar dan membimbing hingga saya sampai saat ini.

 Gambar 1. Beberapa Chat Awal IN VC

Percakapan dilanjutkan dengan adanya Grup WA yang baru dan distu sya dimasukan menjadi Instruktur dan admin oleh pa adi sebagai fartner yang solid dalam pengkondisian data kala itu dan karna kesibukan mengurukan yang lainnya akhirnya fartner saya dengan Pa Asep nanag dari Sumedang dan kala itu bliaupun sudah dimasukan sbg peserta .. tetapi krna rekan sya juga menulis data base di peserta akhirnya terbawa kegiatan namun sudah diantisipasi keberadaaannya bliau di grup instruktur ikut di peserta ikut akhirnya daripesertanya dihilangkan.
Dari situlah saya banyak belajar untuk menjadi lebih sabar lebih dewasa dalam berbagai hal beliau menuntut saya utnuk bisa mandiri dan bertanggung jawab
Dari kesabaran beliau saya belajar untuk melayani. Manfaat terbesar adalah salah satunya bahwa saya banyak belajar dan bertemu dengan guru-guru hebat yang memiliki semangat tinggi untuk menjadi guru yang maju.
Pa Fikri Bahtiar  selaku Penanggung Jawab KCD 11 memberikan amanah supaya saya bisa memfasilitasi sebanyak 36 peserta dan dibuatlah group kecil, awalnya group C tersebut wilayah 11 Garut namun selang beberapa hari group tersebut harus digabung dengan group lain kebetulan saya berpartner dengan Pa Asep Nanang ayang awalnya juga beliau dianggap peserta  jadilah group C yang datanya bercampur dengan Kab Sumedang yang disebut dengan Julukan SUGAR (Sumedang Garut). Meskipun digabung untuk instruktur beserta peserta kita sepakat di awal, sesuai daftar peserta. Dari 36 peserta hanya 12 peserta yang bertahan dan berkomitmen untuk melanjutkan sampai akhir. Sebenarnya, berapapun kesulitan selama ada niat, Allah akan memberikan jalan.
Saya selalu menyarankan untuk tetap solid dan saling membantu antarlainnya demi lulus bersama. Alhamdulillah tepat tanggal 02 Mei 2020 semua peserta selesai diseminasi. Suatu kebanggaan bagi saya bisa melihat dan menghantarkan sampai selesai di penugasan.
Kegiatan VCT diantaranya teknik rekrutmen peserta secara online, flayer digital, presensi online, menulis kegiatan yang menarik, mengkreasi dan mengelola room webex, teknik menjadi host, moderator, dan presenter secara online, berkreasi dengan QR code, merekam dan mengupload kegiatan pelatihan ke youtube.
Berikut beberapa kegiatan selama pelatihan

1. Membuat Flayer
Gambar 2. Membuat Flayer
2. Vicon saat menjadi host, moderator, dan presenter


Gambar 3. Vicon saat menjadi host, moderator, dan presenter

3. sebagian Kumpulan Foto saat Diseminasi (kolase FotoKegiatan)
Gambar 4. Kolase Foto kegiatan saat Diseminasi

4. Beberapa peserta yang berhasil menuntaskan penugasan :
Gambar 5. Data peserta yang berhasil menuntaskan penugasan

5. Juga penugasan dalam Pembuatan QR Qode saya perlihatkan beberapa disini

 

Tugas sudah selesai tinggal menunggu sertifikat. Saya mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan instruktur khususnya IN KCD 11 yang solid dan saling membantu, Ibu Renny selaku PJ Wil 11, Pa Fikri Bahtiar dan Pa Asep Nanang  selaku instruktur, serta kepada rekan-rekan Bapak Ibu peserta VCT Batch 6-11 mohon maaf ya bila saya banyak kekurangan dalam melayani. Sampai jumpa di episode selanjutnya.

dari saya hamba yang harus banyak belajar
Agus Supriatna
Semangat dan jangan pernah berhenti untuk berkarya ya...







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sepenggal Cerita Menjadi Instruktur VCT Jabar Batch 6"